Michele Pirro: Inovasi Ducati Terdepan, Kini Motor Honda Jadi Mirip Desmosedici


Marc Marquez saat menjalani uji coba pramusim MotoGP Sepang, Malaysia 2022. (c) Honda Racing Corporation

Marc Marquez saat menjalani uji coba pramusim MotoGP Sepang, Malaysia 2022. (c) Honda Racing Corporation

Bola.net – Test rider Ducati Corse, Michele Pirro, mengaku sangat bangga bisa bergabung dalam proyek jangka panjang pabrikan Italia itu di MotoGP. Dengan inovasi dan teknologi yang terus berkembang tiap tahun, kini Ducati justru menjadi acuan bagi para pabrikan lain untuk merancang motor dengan performa terbaik.

Status Ducati sebagai pelopor teknologi MotoGP dimulai pada akhir 2013, ketika Gigi Dall’Igna bergabung sebagai General Manager. Perangkat yang lahir dari ide Dall’Igna dan insinyurnya, seperti winglet, wing fairing, rear spoon, holeshot device, dan rear ride-height device, kini justru standar dipakai motor para pabrikan peserta.

taboola mid article

Perangkat terbaru yang diperkenalkan Ducati adalah front ride-height device, yang mereka bawa di uji coba Sepang dan Mandalika. Lima pabrikan lain memprotes perangkat ini dan menuduh Ducati mendorong lonjakan biaya balap. Namun, Pirro santai saja, karena menurutnya cepat atau lambat mereka juga akan menirunya.

1 dari 2 halaman

Desmosedici GP15, Titik Balik Ducati di MotoGP


Test rider Ducati Corse, Michele Pirro (c) Ducati Corse

Test rider Ducati Corse, Michele Pirro (c) Ducati Corse

“Ducati bagaikan gaun yang dirancang oleh seorang desainer, yang mendorong desainer lain untuk menirunya. Saya rasa, rahasia Ducati adalah tak pernah berhenti berkembang dan selalu membawa sesuatu yang baru tiap tahun. Evolusi terus terjadi di Ducati,” kisah Pirro dalam wawancara dengan GPOne, Jumat (18/2/2022).

Pirro, yang sudah jadi test rider Ducati sejak akhir 2012, mengaku yakin bahwa kebangkitan skuadnya di MotoGP dimulai pada 2015, ketika Dall’Igna merombak Desmosedici GP15 secara besar-besaran. Sejak itu pula ia menilai pabrikan-pabrikan lain, terutama yang dari Jepang, mulai meniru inovasi Ducati.

Pirro bahkan menyebut Honda RC213V versi 2022 kini paling mirip dengan Desmosedici. “Saya yakin, dengan GP15 lah kami menemukan titik balik. Dalam beberapa uji coba terakhir, saya pun sangat terkesan pada Honda. Di Jepang, mereka telah mengubah motornya dan motor itu sangat mirip dengan Ducati,” tuturnya.

2 dari 2 halaman

Berkat Kejeniusan Gigi Dall’Igna


Gigi DallIgna dan Jack Miller (c) Twitter/Ducati Corse

Gigi DallIgna dan Jack Miller (c) Twitter/Ducati Corse

Pirro juga mengaku bangga bisa menjadi bagian penting dalam sejarah Ducati, yang dulu sempat terpuruk pada 2011-2015. Dulu sempat dijauhi para rider, kini mereka justru jadi rebutan. Meski belum meraih gelar dunia pembalap sejak 2007, Ducati musim lalu tampil sangat kompetitif bersama keenam pembalapnya.

Pirro berpendapat, hasil ini berkat kejeniusan Dall’Igna, sosok yang juga krusial di balik sukses Aprilia di Grand Prix dan WorldSBK sebelum ke Ducati. Namun, rider 35 tahun ini juga yakin, semua ini juga berkat dedikasi Claudio Domenicali (CEO), Paolo Ciabatti (Sporting Director), dan Davide Tardozzi (Manajer Ducati Team).

“Gigi adalah seorang mentor dan seseorang yang jenius. Ia mempersolid Ducati, mengeluarkan potensi terbaik tiap orang, dan mendengarkan ide-ide mereka. Tapi saya juga ingin menyebutkan peranan Claudio Domenicali, Paolo Ciabatti, dan Davide Tardozzi, yang kontribusinya juga vital di garasi kami,” pungkasnya.

Sumber: GPOne

Note: This article have been indexed to our site. We do not claim legitimacy, ownership or copyright of any of the content above. To see the article at original source Click Here

Related Posts
Nutrient Deficiency: Vitamin D Deficiency: Six Signs of a Deficit thumbnail

Nutrient Deficiency: Vitamin D Deficiency: Six Signs of a Deficit

Vitamine, essentielle Fette, Energie, Proteine und Mineralien: All das liefert eine ausgewogene und gesunde Ernährung.Die Nährstoffe regulieren, wie unser Körper wächst und funktioniert.Ein besonders wichtiger Faktor für unser Wohlbefinden ist dabei Vitamin D. Denn es hilft dem Körper unter anderem dabei, Kalzium aufzunehmen – und fördert so das Knochenwachstum.Das Hormon nimmt man aber nicht nur über die…
Read More
OM thumbnail

OM

VUELTA Arrivé ce jeudi en Argentine pour passer sa visite médicale et signer son contrat, Dario Benedetto a posté une vidéo officialisation son retour à Boca Juniors. Zapping But! Football Club OM : les transferts les plus chers des OlympiensLes médias argentins ont collé Dario Benedetto aux basques ce jeudi. A peine descendu de l'avion,…
Read More
Chelsea goalkeeper could make switch to fierce rivals thumbnail

Chelsea goalkeeper could make switch to fierce rivals

Tottenham will be looking to keep their hopes of qualifying for the Europa League alive by winning their final home game of the season on Saturday. Spurs will face Brentford at the Tottenham Hotspur Stadium in their penultimate game of the 22/23 Premier League season. The north London outfit currently sit in seventh place in
Read More
Barcelona fires Kuman within hours, here's who can replace him thumbnail

Barcelona fires Kuman within hours, here's who can replace him

Снимка: Getty Images 30 Сеп 2021, 11:49 629 Ръководството на Барселона ще уволни наставника Роналд Куман до часове, съобщават водещите медии в Испания. Мениджърът на каталунците е изчерпал доверието на шефовете си и в рамките на деня договорът му ще бъде прекратен. Късно снощи каталунците получиха звучен шамар в Шампионска лига, след като загубиха гостуването…
Read More
NFL Free Agency Tracker: Start date, cap space, top available players thumbnail

NFL Free Agency Tracker: Start date, cap space, top available players

Everything you need to know before 2022 NFL free agency originally appeared on NBC Sports BayareaThe offseason can be nearly as exciting as the on-field action, with trades, free agency and the draft consuming the spring and summer months.That excitement, of course, has only been heightened in 2022 with several high-profile quarterbacks in the news.Less…
Read More
Index Of News
Total
0
Share